Rabu, 28 September 2011

Contoh Notasi Algoritmik

Notasi Algoritmik

Sebuah komposisi musik di tulis kedalam bentuk sebuah notasi sehingga bisa dimainkan oleh pemain musik, begitu pula dengan algoritma layaknya sebuah komposisi musik algoritma memiliki notasi yang dikenal dengan sebutan notasi algoritmik yaitu rancangan yang berisi urutan langkah-langkah solusi yang ditulis dalam notasi (cara penulisan khusus). Perlu diketahui bahwa notasi algoritmik bukanlah notasi bahasa pemrograman.  Siapapun dapat membuat notasi algoritma yang berbeda. Hal yang penting mengenai notasi tersebut adalah mudah di baca dan dimengerti. Perlu diingat bahwa orang yang menulis program sangat terikat dalam aturan tata bahasanya dan spesifikasi mesin yang menjalankannya.

Beberapa notasi dalam penulisan algoritma :

1. Notasi Deskriptif

Notasi deskriptif yaitu notasi yang menyatakan langkah-langkah algoritma dengan untaian kalimat deskriptif dan dapat dijelaskan dengan bahasa yang jelas. Notasi ini baik digunakan untuk algoritma yang pendek, namun untuk masalah yang besar notasi ini tidak mungkin dipakai. Selain itu, konversi dari notasi algoritma ke bahasa pemrograman cenderung relatif sukar.

contoh:
 *  menghitung luas dan keliling Persegi Panjang
Algoritma Hitung_Luas_dan_Keliling_Persegi Panjang
DESKRIPSI:
• Masukkan panjang persegi panjang (p)
• Masukkan lebar  persegi panjang (l)
• Hitung luas persegi dengan rumus L = p * l
• Hitung keliling persegi panjang dengan rumus K = 2 * (p + l)
• Tampilkan luas persegi panjang
• Tampilkan keliling persegi panjang

2.Notasi Psuedo-Code

Notasi psuedo-code yaitu notasi algoritma yang serupa dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi . Banyak sekali notasi pseudo-code yang digunakan oleh para ahli komputer dan berbeda-beda sehingga tidak ada aturan baku dalam penulisan pseudo-code ini.

3. Notasi Flowchart (Bagan Alir)

Notasi flowchart (bagan alir) merupakan representasi secara grafik dari suatu algoritma atau prosedur untuk menyelesaikan suatu masalah. Disamping itu, flowchart juga berguna sebagai fasilitas untuk berkomunikasi di antara pemrogram yang bekerja dalam tim suatu proyek. Flowchart terbagi dalam dua macam yaitu :


  • Flowchart Sistem
Yaitu diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data dan hubungan antar peralatan tersebut. Flowchart sistem, digunakan  untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah, tetapi hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk. simbol yang digunakan :





contoh flowchart sistem :




  • Flowchart Program
Yaitu bagian yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecah masalah.

Simbol yang digunakan adalah American National Standard Inc. :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar